Hutan Lindung Bukit Suligi

Selamatkan Hutan Lindung Bukit Suligi

Suligi merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau,Indonesia.

Lindungi Hutan Suligi

Hutan Lindung Bukit Suligi berada di kawasan Desa Aliantan, Kecamatan Kabun dan Desa Dayo Kecamatan Tandun, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Hamparan hutan tropis basah di atas lahan tersebut merupakan salah satu habitat flora dan fauna di Riau.


Bila masuk ke kawasan hutan lindung itu awalnya masih terlihat suasana asri dan sejuk langsung menyambutPohon meranti berjejer menyambut. Hanya saja pemandangan itu bisa dilihat hanya sebentar saja. karena pepohonan dan jenis tanaman lainnya berubah menjadi lahan perkebunan sawit dan karet.


Ribuan hektare kebun sawit yang siap panen itu dan memberikan keuntungan bagi pemiliknya.kayu hasil olahan tanpa pemilik dibiarkan begitu saja di pinggir jalan setapak tanah kuning itu. Raungan mesin chainsaw dari dalam tengah hutan terdengar sayup-sayup. Artinya, masih terjadi pembalakan di dalam kawasan hutan lindung itu sekarang ini.


Hutan ini sekarang sudah banyak beralih fungsi menjadi kebun sawit. Ada juga kebun karet, tapi tidak banyak Saya sangat berharap, pemerintah segera melakukan tapal batas yang jelas kawasan Hutan Lindung Bukit Suligi itu.

Bahkan hutan Bukit Suligi yang dikelilingi sejumlah desa di Kecamatan Tandun, seperti Desa Suligi, Tandun, Sei Kuning, Puo Raya, Kumain, Dayo, dan Bono Tapung, termasuk Kecamatan Kabun, seperti Desa Bonca Kusuma, Koto Ranah, dan Desa Aliantan, juga ada sejumlah desa yang masih masuk dalam kawasan hutan lindung.


Untuk itu di perlukan kesadaran diri dari masyarakat sekitar agar hutan masih bisa di nikmati sampai ratusan tahun lagi....


Sumber : http://greenstudentjournalists.blogspot.com/2012/01/for-us-bebaskan-hutan-lindung-bukit.html