Tempat Magang Atau Pkl Untuk Jurusan TKJ Yang Wajib Di ketahui

Apakah anda masih bingung atau ada yang belom dapat untuk magang atau prakerin di smk, Magang merupakan prakerin yang merupakan program dari Smk, dengan magang juga siswa akan di latih bagaimana menjadi pekerja yang handal dan baik serta mampu membantu kita minangkat kan skill dan pengalaman dalam dunia kerja.

Memilih tempat magang juga harus di pertimbangkan dan di fikirkan apakah kelak magang di tempat tersebut kita akan mendapat ilmu atau hanya ingin bermian-main saja. Ini lah yang nantinya akan menambah wawasan ilmu serta pengalaman ketika magang, jadi pikirkan terlebih dahulu.

Tips&Trik 
Mencari Tempat Magang juga mempunyai tips dan trik yang harus anda ketahui, terlebih jika di suatu daerah sangat banyak yang mngambil jurusan yang sama akan menjadi masalah bagi anda yang ingin mendapat tempat magang yang sesuai dengan jurusan anda. Berikut tipsnya:

Sebelum mencari tempat magang yang pasti tanyakan kepada diri anda apakah anda sudah siap untuk mengikuti pkl atau belom, dan persiapkan ilmu yang telah di ajarkan di sekolah. Carilah tempat magang yang sekiranya kita mampu untuk magang di perusahaan tersebut, yang pasti jangan langsung magang- magang saja tanpa mengetahui apa saja kelak pekerjaan magang kita di sana, jadi kalau kita sudah mengetahui pekerjaan di sana kita tidak akan kaget lagi.

Tanyakan kepada pihak perusahaan ketika anda melamar ingin magang dipertusahaan tersebut jangan lupa menanyakan, "apa saja ya pak pekerjaan anak pkl di perusaaan ini" lebih bagus lagi anda tau info tersebut dari kakak kelas yang pernah magang di perusahaan tersebut jadi ketika anda di beri tugas yang pasti anda dapat menyelasaikan.

Banyak yang bilang magang tu gak enak. Siapa bilang magang tu tempat kita mengenal dunia kerja yang pasti ada enak dan gak enaknya. itu tergantung di mana kita magang dan bagaimana cara menyikapi nya, pkl juga merupakan nilai tambahan bagi anda yang ingin mencari ilmu lebih dan merasakan bagaimana rasanya kerja.

Perbanyak link. Artinya kita harus pandai mencari teman sebanyak mungkin jadi nanti ketika anda ingin mencari tempat magang anda bisa saling bertabya dan berbagi informasi terhadap teman, terlebih anda mempunyai teman kakak kelas ini akan sangat menguntungkan karna jika anda menanyakan kepada kakak kelas di mana tempat magang yang bagus yang pasti kakak kelas anda akan membagikan bagaimana rasanya magang dan apa saja yang harus di persiapkan.

Tanyakan kepada guru Jurusan kita. Jika anda menanyakan kepada guru anda di mana tempat yang cocok untuk saya maka guru akan merekomendasikan tempat prakerin yang sesuai dengan kemampuan. Karna guru telah mengetahui kemampuan anda maka anda akan di tempatkan sesuai dengan kempuan anda.

Jika anda mencari tempat sendiri ini juga termaauk pilihan yang bagus selain ingin menambah wawasan lain anda juga harus pandai dalam mencari tempat magang, carilah tempat magang sebanyak mungkin dan carilah informasi tempat yang akan anda pkl, carilah yang sesuai dengan jurusan kita.

Jika kita sudah mendapat tempat magang pastikan anda dapat dasar ilmu yang nantikan akan di butuhkan dari perusahaan tersebut. contohnya gini saya mendapat tempat magang di salah satu ISP nah kalau di isp kan nanti kita akan di suru buat masang dan membuat jaringan, kuasailah dasar ilmu nya saja seperti anda sudah daapat menyeting membuat hotspot, seting DHCP,

Tanyakan juga jam kerja ini juga penting karna tidak semua pt, atau perusahaan itu sama jam pulangnya seperti di perusaan swasta yang bisanya masuk jam 8 pulang jam 6 sore, setelah anda tanya dan mendapat jawaban silahkan  di fikir terlebih dahulu.



Berikut beberapa tempat yang bobok magang/pkl jurusan TKJ:

1. ISP (internet service provider)

ISP adalah penyedia jasa  layanan internet, ini cocok bagi anak tkj karna nantinya yang magang di isp akan di ajarkan bagaimana memasang jaringan dan menseting jaringan, kelebihan lain magang di ISP ini nantinya kamu akan keliling kota dan luar kota untuk membenahi jaringan konsumen cocok nih yang mau cari pengalaman.

ISP sendiri adaa banyak dalam satu kota salah satunya Telkom, Dasnet, Asiakom, Angkasa Net dan masih banyak yang lainya bisanya setiap kota beda nama. Namun ada isp yang mengharuskan wiswa magangnya harus menggunakan motor sendiri ini yang pasti banyak kendala bagi siswa untuk itu cari isp yang sudah di sediakan kendaraanya. Terlebih di luar kota

Sedangkan kabar baiknya kebanyakan yang magang di ISP ini di gaji, waaww cocokni yang mau beli hp baru heheheh. so apakah anda tertarik? silahkan cari info ISP di kota anda. .

2. Toko Komputer
Toko komputer jugak masih banyak peminatnya mengingat di toko komputer kita di pekerjakan seperti teknisi dan biasanya kalau wanita di bagian penjualan. Selaim itu di toko komputer kita akan mendapatkan ilmu teknisi baik itu memperbaiki pc, laptop, dan printer.

Sedangkan kalau menurut dari berbagai blog lainya magang di toko komputer juga ada hal yang tidak menyenangkan salah satunya seperti penjara. Mengapa? Seperti teknisi lainya kita bekerja hanya dalam suatu ruangan saja terpaku tanpa ada refresing..

Namun jika ingin jadi teknisi yang handal dan mahir dalam menangani troubleshoting perbaikan pc atau laptop silahkan mencoba magang di toko komputer..

3. Universitas
Biasanya universitas juga menyediakan tempat bagi siswa yang ingin pkl atau magang, tempat ini menurut saya tempat yang lumayan faforit sih gan. Hehehe karna ane pernah maganh di universitas.

Di universitas biasanya anak magang nya banyak di butuhkan. Kebetulan ane pernah magang di universitas pas smk ya di hitung-hitung banyak senangnya, masalah pekerjaan di universitasnya kita tidak diam dalam satu ruangan melainkan kita akan bergerak ke gedung-gedung/ fakultas yang mengalami malah.

Tidak hanya menjadi teknisi komputer saja magang di universitas kadang kita juga memperbaiki banyak jaringan di berbagai fakultas lainya, dan jika kita pintar kita pasti banyak kenalan seperti banyak kenalan dengan dosen, jadi kita tu biasanya tunggu panggilan dari berbagai gedung jika ada masalah langsung menuju lokasi.

Untuk mendapat kan pengalaman magang di universitas saya rasa banyak pengalaman seperti ilmu teknisi, ilmu jaringan karna biasanya banyak masalah jaringan di setiap gedung maupun fakultas.

4. Instansi pemerintah
Banyak instansi yang membutuhkan tenaga prakerin siswa. Jurusan tkj adalah jurusan tentang mendalami ilmu komputer jadi tidak heran jik bisa prakerin di mana saja asal  ada komputer dan masih berhubungan dengan materi pembelajaran..

So jangan bingun mencari tempat magang di instansi pemerintah seperti Dinas Pu, Dinas pendidikan, Dinas kehutanan dan lainya. so tentukan tempat prakerinmu jauh sebelum hari..


Nah itulah tadi tips memilih tempat magang baik jurusan tkj, rpl, multimedia serta lainya. Dan juga rekomendasi tempat magang jurusan tkj. so tentukan tempat magang dan sesuaikan dengan kemampuan. Jika ada yang masalah dalam penyampain saya mohon maaf dan jika ada yang ingin di tambahkan silahkan komentar. Silahkan komentar jika yang ingin membagikan pengalaman, trimakasih...


2 komentar untuk "Tempat Magang Atau Pkl Untuk Jurusan TKJ Yang Wajib Di ketahui"

Posting Komentar